Minggu, 22 Mei 2011

makalah kenakalan remaja



Disusun untuk

KEMAH BAKTI
AMBALAN P.DIPENEGORO – R.A KARTINI

Di susun oleh
Arina Nurul Faidah ( X-7 )
Intan Nurlita ( X-6 )

Sangga 13


SMA N 1 JUWANA
Tahun Pelajaran 2010/2011

KATA PENGANTAR
Pertama-tama kami ingin mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberkati kami sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih bagi seluruh pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan karya tulis ini dan berbagai sumber yang telah kami pakai sebagai data dan fakta pada karya tulis ini.
Kami mengakui bahwa kami adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan karya tulis ini yang telah kami selesaikan. Tidak semua hal dapat kami deskripsikan dengan sempurna dalam karya tulis ini. Kami melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang kami miliki. Di mana kami juga memiliki keterbatasan kemampuan.
Maka dari itu seperti yang telah dijelaskan bahwa kami memiliki keterbatasan dan juga kekurangan, kami bersedia menerima kritik dan saran dari pembaca yang budiman. Kami akan menerima semua kritik dan saran tersebut sebagai batu loncatan yang dapat memperbaiki karya tulis kami di masa datang. Sehingga semoga karya tulis berikutnya dan karya tulis lain dapat diselesaikan dengan hasil yang lebih baik.
Dengan menyelesaikan karya tulis ini kami mengharapkan banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari karya ini. Semoga dengan adanya karya tulis ini dapat memenuhi salah satu tugas Kemah Bakti ini.

Penulis
HALAMAN PENGESAHAN
Karya tulis “Pengaruh Kenakalan Remaja di Kalangan Remaja”
Disusun guna memenuhi syarat untuk mengikuti Kemah Bakti ,ambalan P. Diponegoro R.A Kartini yanga akan diselenggarakan pada tanggal 14-16 Mei 2011.

Disusun oleh :
Arina Nurul Faidah ( X-7 )
Intan Nurlita ( X-6 )

Telah disahkan pada

Hari                 :
Tanggal           :

  Kepala SMA N 1 Juwana                                                     Pembimbing


  Drs. Sumaryo, M. Pd.                                                           Sulkan, S. Ag



DAFTAR ISI
Halaman Judul ……………………………............................………………. i
Kata Pengantar................................................................................................. ii
Halaman Pengesahan.......................................................................................iii
Daftar isi......................................................................................................... iv
BAB I : Pendahuluan......................................................................................6
A. Latar Belakang ………………………………................................……. 6
B. Rumusan Masalah……………………….....................................……… 6
C.Manfaat dan Tujuan …………………………….................................…. 7
D. Sistematika Penulisan............................................................................... 8
BAB II : Metadologi .................................................................................... 9
BAB III : Pembahasan / Isi ..........................................................................10
BAB IV : Kesimpulan dan Saran..................................................................13
Daftar Pustaka ............................................................................................. 14
Lampiran Biodata Penyusun.........................................................................15

PENDAHULUAN
BAB I
*      Latar Belakang
Perkembangan individu(remaja) berlangsung terus menerus dan tidak dapat diulang kembali. Masa remaja merupakan masa yang rentan terhadap perbuatan-perbuatan yang kurang baik diakibatkan sikap mereka yang suka mencoba-coba pada hal yang baru. Pada perkembangan fisik remaja mulai nampak terutama pada bagian organ-organ seksualnya secaraf isik, pada masa remaja pula mulai pembentukan hormon-hormon seksual sudah mulai terbentuk sehingga perilaku atau tingkah lakunya banyak dipengaruhi oleh hormin tersebut.
Namun yang menjadi perhatian kita adalah pergaulan remaja pada zaman sekarang ini sudah sampai padataraf mengkhawatirkan. Media massa baik
elektronik maupun cetak dengan leluasa menampilkan hal-halyang menjadi
salah satufaktor penyebab kerusakan akhlak generasi muda pada masa
sekarangini. Bukan masalah akhlak saja, akibat dari itu juga menimbulkan
rendahnya kualitas belajar siswa ketika mengalami gangguan pada masa-
masa remaja.
Untuk itu bimbingan orang tua terhadap anak pada seusiaremaja sangatlah
dibutuhkan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengant ingkat
perkembangannya. Agar orangtua dapat memberikan bimbingan kepada
putra-putrinya hendaknya mengetahui perkembanganf isik remaja. Selain
orangtua terdapat beberapa factor yang dapat membantu untuk memecahkan
promatika remaja.

*      Rumusan Masalah
“Apa saja permasalahan pada dunia pergaulan remaja pada masa sekarang ini
dan bagaimna pengaruhnya dalam kalangan remaja?”
*      Tujuan dan Manfaat
Ø  Tujuan
·         Mengetahui pengertian dari kenakalan remaja
·         Mengetahui jenis-jenis kenakalan remaja yang ada di lingkungan sekitar
·         Mengetahui dampak negatif dari kenakalan remaja .
·         Mengetahui peranan pemerintah dalam memberantas kenakalan remaja.
Ø  Manfaat
·         Dapat mengetahui cirri-ciri remaja yang sudah terjerumus terhadap  budaya tidak baik sehingga dapat menghindarinya.
·         Dapat menghindari secara langsung remaja yang sudah terjerumus
·         Dapat menambah wawasan dengan mengetahui dampak yang diakibatkan dari kenakalan remaja
·         Dapat membantu pencegahan dan pemberantasan kenakalan remaja dengan berbagai solusi yang telah dipikirkan.

*     Sistematika Penulisan
Karya Tulis ini tersusun atas :
1.      Cover
2.      Kata Pengantar
3.      Halaman Pengesahan
4.      Daftar Isi
5.      Pendahuluan  (BAB I)
terdiri atas :
o   Latar Belakang
o   Rumusan Masalah
o   Manfaat dan Tujuan
o   Sistematika Penulisan
6.      Metodologi  (BAB II)
7.      Pembahsan / Isi (BAB III)
8.      Penutup (BAB IV)
terdiri atas :
o   Kesimpulan
o   Saran
9.      Daftar Pustaka
10.  Lampiran
terdiri atas :
o   Biodata Penyusun

METODOLOGI
BAB II
Karya tulis ini dibuat dengan Metode Observasi. Observasi diartikan pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada remaja yang melakukan sebuah tindak kenakalan remaja.
 Dan juga dengan menggunakan metode Catatan Anekdot (Anecdotal Record )
caranya adalah dengan  mencatat gejala-gejala khusus atau luar biasa menurut urutan kejadian, catatan dibuat segera setelah peristiwa terjadi. Pencatatan ini dilakukan terhadap bagaimana kejadiannya,.
 Serta menggunakan metode Referensi dari sumber-sumber tertentu antara lain adalah intenet.

PEMBAHASAN
BAB III
Saat ini hamper tak terhitung berpa jumlah remaja yang melakukan hal-hal yang negatif.  Bahkan akibat kenakaln remaja tersebut terjadi banyak kerugian yang terjdi baik pada remaja tersebut maupun orang-orang yang ada disekitar remaja tersebut.
Remaja adalah seorang anak yang bias dibilang berada pada usia tanggung, mereka bukanlah anak kecil yang tidak mengerti apa-apa tapi juga bukan orang dewasa yang bias dengan mudah akan membedakan hal yang baik dan buruk.
v  Macam-macam kenakalan remaja
Sebelum mengetahui apa saja akibat kenakaln remaja, kita perlu tahu apa saja yang dilakukan oleh remaja. Sebuah kenakalan tentu tidak bisa didata satu persatu, namun bisa dirangkum dalam penjelasan dibawah ini :
·         Kenakalan dalam keluarga
Remaja rawan sekali melakukan hal-hal yang negative, nah disinilah peran orang tua yang dituntuk untuk dapak mengawasi semua gerak gerik anaknya, dengan selalu melarang anak-anaknya melakukan hal-hal tertentu. Tapi bagi sebagian remaja hal ini diagap sebagai upaya orang tua mereka mengekang dan membatasi pergaulan mereka. Akibatnya mereka akan memberontak dan tidak mau menurut dengan apa yang dikatakan oleh orang tuanya, dan tidak mau lagi mnghormatinya. Inilah contoh kenakaln remaja didalm keluarga.
·         Kenakalan dalam pergaulan
Kenakalan remaja yang sangat menonjol adalah dalam pergaulannya,sampai saat ini tak sedikit remaja yang terjebak didalamnya. Mulai dari penggunaan obat-obatan terlarang sampai seks bebas. Menyeret remaja dalam pergaulan yang buruk memang tidak susah, dimna para remaja sangat mudah dipengaruhi oelh hal-hal yang negative yang menawarkan kenyamanan semu. Akibat pergaulan bebas inilah remaja bahkan keluarganya harus menanggung beban yang cukup berat.
·         Kenakalan dalam pendidikan
Kenakalan remaja dalam pendidikan memang sudah umum terjadi, namun tidak semua remaja nakal dalam pendidikan akan menjadi sosok yang berkepribadian buruk , karena masih mudah untuk dapat diarahkan pada hal yang benar. Contoh kenakaln remaja dalam bidang pendidikan antara lain : membolos sekolah, tidak mau mendengarkan guru, tidur dalam kelas, mencontek pekerjaan teman dan lain sebagainya.
v  Akibat Kenakalan Remaja
·         Dampak kenakalan remaja pasti akan berimbas terhadap remaja itu sendiri. Bila tidak segena ditangani maka remaja tersebut akan memiliki kepribadian yang buruk.
·         Remaja yang melkukan kenakalna-kenakalan seperti itu pati akan dikucilkan dri masyarakat, karena mereka dianggap mengganggu dan tidak berguna.
·         Dan bila mereka sudah dikucilkan mereka akan sedih dantidak lagi mempumyai teman. Dan kadang sampai menganggu kejiwaanya.
·         Akibat kenakalan tersebut tak sedikit keluarganya yang dibuat malu karena ulah mereka. Hal itu sangat merugikan dan menjadi beban yang berat bagi keluarganya.
·         Masa depan suram dan tidak tentu arah tujuan sudah menanti remaja tayang melakukan kenakalan-kenakalan. Bayangkan remaja yang sudah terpengaruh pergaulan bebas hamper semuanya sudah tidak mempunyai masa depan lagi. Hidupnya akan hancur sebelum mereka melakukan perbaikan dari diri sendiri.
·         Kriminalitas menjadi salah satu akibat dari kenakalan remaja. Remaja yang sudah terjebak pergaulan bebas tidak mustahil ia akan melakukan kegiatan-kegiatan criminal seperti mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Itulah beberapa akibat kenakaln remaja yang sudah semstinya harus dihindari. Peran orangtua, guru di sekolah dan juga teman-teman adalah orang-orang yang sangat berpengaruh penting terhadap pergaulan remaja saat ini. Keikutsertaan mereka dalam mengontrol seorang remaja, bisa berdampak besar dalam perjalanan tersebut menuju apa yang di cita-citakan dan masa depan yang lebih cerah.

PENUTUP
BAB IV
*      Kesimpulan
Dari isi karya tulis ini , sangga kami mengambil beberapa kesimpulan bahwa:
1. Kenakalan remaja terjadi karena berbagai faktor baik dari kondisi remaja itu sendiri maupun dari faktor lingkungan yang tidak sehat.
2. Akibat yang di timbulkan dari tindakan remaja yang tidak baik dapat merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.
3.Perilaku remaja yang sering kali mengakibatkan kehamilan di luar nikah,disebabkan oleh kurangnya kesadaran remaja itu sendiri akan tindakanya,
dan bahwa remajatersebut masih dalam kondisi labil, dalam arti belum
mampu mengendalikan diri dengan baik.
4. Tindakan remaja yang sering kali menampakan aurat, dapat memicu
terjadinya tindakan yang tidak baik, ( pemerkosaan )
5. Hidup yang sehat adalah hidup yang teratur, dekat dengan orang tua, dan
rajin beribadah, sehinggaiman seseorang akan baik jika diimbangi dengan
tindakan baik pula.
*      Saran
Dalam penggulangan permasalahan remajat idak hanya dituntut agar pribadi
remajaitu sendiri untuk berubaha. Akantetapi perlu bantuan dan dukungan
baik dari orangtua, guru dan lingkungan masyarakat


DAFTAR PUSTAKA
Referensi dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar